Lee Iacocca CEO Kreatif Penyelamat Chrysler

Lee Iacoca adalah mantan CEO Chrysler Corporation. Tahun 1978 dia pindah dari Ford dan bergabung ke Chrysler Corporation. Saat Lee bergabung kondisi Chrysler saat itu memiliki total hutang 4,8 Milyar USD dengan kerugian sebesar 2,04 Milyar USD pada tahun 1978. Pada saat Lee bergabung sebagai CEO Chrysler dia mengumumkan tidak akan mengambil gaji yang besarnya 360.000 USD/tahun dan hanya mengambil 1 USD/tahun sampai Chrysler sehat kembali.

Pada saat itu Lee menemukan bahwa perusahaan ini tidak diurus dengan benar. Terdapat begitu banyak posisi yang berlebih bahkan perusahaan ini memiliki 35 wakil presiden saat itu. Tiga tahun setelahnya Lee merampingkan jumlah wakil presiden dari 35 menjadi 2 wakil saja. Lee juga sadar Chrysler butuh dana operasional untuk dapat beroperasi. Lee mendekati Kongres US untuk memperoleh pinjaman dana sebesar 1,5 Milyar USD.

Kondisi Chrysler diperparah dengan besarnya pengeluaran gaji karyawan. Lee mengampanyekan penghematan besar-besaran termasuk pemotongan gaji. Sebanyak 1700 eksekutif gajinya dipotong 10% dan karyawan biasa mendapatkan pemotongan gaji 2-5%. Kebijakan ini berhasil memberikan penghematan pada pengeluaran Chrysler dari 2,1 Milyar menjadi 1,5 Milyar.

Setelah penghematan dilakukan Lee berpikir untuk menggerakan perusahan untuk kembali mendapatkan keuntungan. Saat itu Lee memprediksi bahwa mobil touring akan kembali tren dan Chrysler memproduksi 3000 unit mobil touringĀ  seri DODGE 400 pada tahun 1982. Dalam waktu singkat penjualan mobil iDodge_400ni melampaui angka 23.000 unit. Kesuksesan ini diikuti Ford yang juga memproduksi mobil touring. Untuk kali pertama Chrysler menjadi pelopor.

Pada industri otomotif saat itu dalam mendesain mobil baru ada dua aspek utama yakni perbaikan desain dan teknologi. Lee memahami bahwa perbaikan desain lebih murah dan memberikan hasil lebih cepat. Hal ini menjadi strategi utama Chrysler dalam mendesain mobil-mobil baru.

Pada kasus diatas Lee membuktikan bahwa dengan berpikir kreatif sangat berpengaruh bagi perubahan bisnis. Kreativitas mampu membawa perusahaan yang sakit kembali sehat bahkan menjadi pelopor dari suatu desain produk. Jadi jika Anda sebagai pengusaha berpikirlah kreatif dalam segala hal baik dari pemasar dan aspek lainnya. Jika Anda mampu berpikir kreatif sebagai pemilik bisnis maka doronglah karyawan Anda juga untuk kreatif. Pimpinlah mereka sehingga mereka mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Sumber: Total Victory

Lee Iacocca CEO Kreatif Penyelamat Chrysler | startupbisnis | 4.5