5 Faktor Penyebab Online Shop Sepi Pembeli

Semakin meningkatnya pebisnis online di internet mengakibatkan persaingan antar Online Shop semakin gila-gilaan. Tidak sedikit dari pemilik Online Shop yang akhirnya harus menutup Online Shopnya karena sepi tidak ada pembeli.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sepi atau tidaknya suatu Online Shop. Penyebabnyapun bermacam-macam, mulai dari harga sampai pelayanan Online Shop tersebut. Bagi Anda yang ingin belajar membuat Online Shop Anda ramai pengunjung, 5 faktor penyebab Online Shop sepi ini bisa Anda jadikan pembelajaran untuk mengelola Online Shop Anda.

1. Harga
Bisnis konvensional ataupun bisnis online selalu saja persaingan harga menjadi faktor utama ramainya pengunjung. Buat pelanggan yang penting harga murah dan dapat diskon saja sudah cukup membuat mere membeli produk yang Anda jual.

Maka dari itu, pastikan dari sekarang, barang yang Anda jual memiliki harga yang kompetitif dan mampu bersaing dengan barang yang dijual oleh Online Shop lainnya.

2. Fitur
Perbedaan berjualan online di internet dan di dunia nyata adalah fitur dari Online Shop. Jika fitur-fitur yang ada dalam Online Shop tidak menarik atau sulit digunakan maka pembeli akan dengan mudah meninggalkan situs Online Shop Anda. Faktor yang membuat pembeli jenuh dan malas adalah fitur keranjang yang berbelit-belit dan cara pembayaran. Jika Online Shop Anda saat ini masih menggunakan fitur yang menyulitkan pembeli, cobalah untuk lebih di permudah lagi. Agar pembeli akan merasa nyaman saat berbelanja di Online Shop Anda.

3. Navigasi
Navigasi atau biasa di sebut alat bantu untuk mempermudah pembeli mencari, melihat, dan membayangkan barang yang mereka ingin beli. Gunakan Navigasi yang paling mudah, tentukan mulai dari label, harga, jenis serta alat untuk pencarian produk di sediakan dan lebih di permudah penggunaannya.

Lebih mudah jika menggunakan sub kategori dalam menentukan jenis produk. Misal: Pakaian > Wanita > Umur > Warna > Rentan Harga, dll. Sebisa mungkin gunakan navigasi yang tidak rumit dan sangat mudah di pahami pembeli.

4. Diskon
Seperti yang disebutkan pada poin no.1, harga murah dan diskon yang besar merupakan poin penting dalam Online Shop. Banyak pembeli membeli bukan hanya karena mereka butuh barang tersebut, tapi karena sedang ada diskon besar yang membuat mereka ingin membeli produk tersebut.

Agar terlihat menarik berikan harga diskon dan cantumkan disetiap produk tertentu. Fitur diskon yang Anda gunakan di website akan menarik perhatian setiap pengunjung Online Shop. Selain diskon, berikan juga harga khusus bagi yang ingin membeli dua atau tiga produk sekaligus.

5. Gambar Produk
Ingat, dalam membeli di Online Shop pembeli tidak bisa memegang barang yang ingin di belinya. Maka dari itu gunakanlah gambar produk yang terbaik dan beresolusi tinggi. Agar, pembeli semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

Selain itu, gambar produk yang dicantumkan juga harus menarik, jangan asal-asalan memasang gambar produk. Jika Anda menjual baju, jika perlu ada model yang menggunakan. Jadi pembeli bisa mengira-ngira pantas atau tidak jika pakaian tersebut di pakai olehnya.

Jika Anda bisa mempelajari 5 faktor yang membuat online shop Anda sepi ini, saya yakin online shop Anda akan selalu ramai pengunjung. Tidak ada salahnya untuk di coba kan?

Semoga bermanfaat 🙂

5 Faktor Penyebab Online Shop Sepi Pembeli | startupbisnis | 4.5