10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui Cara Mendapatkan Uang Dari Internet.Tidak sedikit saat ini mereka yang mendapatkan penghasilan utamanya dari teknologi yang satu ini. Jika Anda saat ini belum merasakan uang dari internet, maka artikel ini akan memberikan sedikit gambaran tentang 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet.

1. Jual Barang Online

Anda dan saya mungkin salah satu dari jutaan orang yang menyukai berbelanja online. Belanja online memang memberikan pengalaman tersendiri. Semua serba mudah tanpa kita harus pergi kemana-mana. Tahukah Anda jumlah transaksi online di Indonesia tahun 2013 sudah menyentuh angka 19 juta transaksi dengan nilai transaksi hampir mencapai Rp 5 Triliun. Artinya saat ini bisnis online Indonesia sedang tumbuh dan hanya sebagian kecil yang merasakan uang dari bisnis ini.

Lalu bagaimana cara memulai masuk ke bisnis ini? Haruskah saya ahli dibidang IT? Oke saya akan jawab bahwa cara masuk ke bisnis ini mudah dan Anda tidak perlu menjadi ahli IT. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah:

  • Cari Barang yang Akan di Jual

Anda kan mau jualan online artinya harus ada barang yang dijual donk. Saat ini Anda tidak perlu memproduksi produk sendiri untuk dijual secara online. Carilah produsen atau agen produk yang ingin Anda jual dan tawarkan kerjasama. Bahkan saat ini Anda tidak perlu harus membeli dulu produk mereka. Googling lah tentang dropshipping untuk mengetahui hal ini lebih lanjut.

  • Mau Jual Lewat Mana?

Beruntung saat ini ada banyak sekali tempat yang dapat kita gunakan untuk jualan online. Mulai dari Forum, Sosial Media, Toko Jual Beli,Website Sendiri dan bahkan dari gadget Anda sendiri. Pada awalnya mungkin Anda akan bingung untuk buat website toko online sendiri. Saran saya mulailah  dengan berjualan melalui gadget dengan memanfatkan fitur BBM dan forum. Setelah Anda punya modal yang cukup maka buatlah toko online sendiri. Saat ini  banyak jasa yang menawarkan pembuatan toko online

2. Makelar Barang atau Jasa

Konsep kedua ini hampir mirip dengan pertama tapi disini Anda tidak hanya fokus menjual produk fisik dari supplier ataupun agen. Lewat internet Anda bahkan dapat menawarkan jasa orang lain. Salah satu contoh website yang memasarkan jasa orang lain atau istilahnya makelar jasa adalah www.SolusiRumahAnda.com. Pemilik website ini melakukan kerjasama dengan kontraktor rumah berpengalaman untuk menawarkan Jasa Bangun Rumah. Lalu dari mana uangnya? Pemilik website akan dapat marketing fee setiap dia berhasil mendapatkan order. Saat ini sudah mendapatkan omzet ratusan juta rupiah hanya dari marketing fee saja. Hal terpenting Anda harus mempelajari konsep SEO dan Copywriting untuk membangun bisnis ini. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Ikut Pelatihan SEO

Kalau mau berperang Anda harus memiliki senjata dan berlatih. Kalau tidak Anda akan kalah sebelum berperang. Persaingan dibisnis Internet tidaklah mudah bung. Anda harus update dengan dunia teknologi dan membaca market online. Tidak ada istilahnya Anda GAPTEK, BELAJARLAH. Ilmu SEO adalah salah satu yang harus Anda pelajari meskipun bukan yang terpenting. Dengan SEO anda akan lebih mudah membuat konten yang dicari oleh target pasar Anda.

  •  Lihat Masalah dan Tawarkan Solusi

Bisnis hadir ketika ada masalah di lapangan dan Anda menawarkan solusinya. Sadar atau tidak sekarang hampir semua orang mencari informasi melalui internet. Ketika bisnis Anda merupakan solusi dari masalah mereka maka Anda beruntung. Lihatlah kira-kira apa yang jadi masalah orang lalu tawarkan solusinya. Saya berikan contoh, jika seorang wanita ingin membuat kebaya maka ia akan mencari di google dengan kata kunci “Jasa Jahit Kebaya” atau “Tukang Jahit Kebaya”. Kebetulan Anda punya kenalan yang ahli jahit kebaya namun belum ditemukan di internet. Tugas Anda dengan ilmu SEO yang Anda pelajari membuat bisnis Jahit Kebaya kenalan Anda ini ditemukan di Internet.

3.Adsense

Cara yang ketiga ini sudah banyak dilakukan oleh pemilik website baik besar maupun pemula. Dengan Adsense artinya anda mengizinkan penerbit iklan seperti google memasang iklan pada website Anda dan Anda akan dibayar setiap klik pada website tersebut. Kedengarannya mudah bukan? Tapi uang tidak akan semudah itu datang ke Anda jika kunjungan pada website Anda sedikit. Pelajari bagaimana cara meningkatkan traffic atau kunjungan pada blog atau website Anda.

4.Jual Spot Iklan

Kunjungan website Anda sudah banyak? Saatnya Anda menjual spot iklan pada website Anda. Anda dapat menawarkan pada bisnis lokal yang produknya terkait dengan website Anda. Jika website Anda berbicara tentang traveling dan memiliki kunjungan yang tinggi setiap harinya maka Anda dapat tawarkan kepada perusahan travel untuk pasang iklan di website Anda. Asiknya disini Anda dapat menentukan tarif iklan sendiri dan dibayar muka setiap bulannya. Besaran tarif iklan tergantunng pada besarnya spot iklan yang disewa. Satu hal yang harus Anda pastikan adalah konsistensi Anda dalam menjaga atau bahkan meningkatkan jumlah kunjungan website. Hal ini wajib agar pemasang iklan akan terus memasang pada bulan-bulan berikutnya.

5. Paid For Review

Dibayar untuk membuat ulasan? Yap benar Anda tidak salah mengartikan judul dari cara ke lima ini. Saat ini banyak bisnis yang ingin bisnisnya di review oleh banyak website. Karena pemilik bisnis paham bahwa konsumen mereka akan mencari opini dari beberapa orang ataupun website sebelum memutuskan melakukan pembelian. Jika ulasan yang mereka temui positif maka penjualan akan mudah terjadi. Lalu bagaimana cara menjadi penulis review yang dibayar? Caranya dengan mendaftarkan website Anda pada website Paid for Review. Ilmu yang Anda butuhkan adalah Copywriting agar ulasan Anda terkesan orisinil namun tetap menjual.

6. Jasa SEO

Anda sudah ikut pelatihan SEO? Sudah mampu menjadikan website di halaman 1 Google? Saatnya Anda membuka jasa SEO. Tawarkan kepada bisnis disekitar Anda untuk mempromosikan bisnis mereka dihalaman pertama Google. Jika Anda masih pemula hindari memasang tarif terlalu tinggi buktikan dulu kinerja Anda.

7. Admin Social Media

Banyak bisnis yang memiliki sosial media tapi mereka hanya sekedar punya tanpa tau bagaimana cara mengelolanya. Jika Anda ingin bergelut dibisnis ini maka Anda harus mengerti pola pengguna sosial media. Pelajari bagaimana cara efektif dalam membuat tulisan di sosial media. Sebelum menjual jasa ini kepada orang lain cobalah untuk membuat akun sosial media anonim kemudian buatlah tulisan rutin dan tingkatkan follower Anda. Setelah terbukti Anda mampu mengelolanya barulah tawarkan jasa Anda ini. Ingat lakukan dengan TEKUN.

8. Buzzer

Bagi Anda yang memiliki jumlah follower sosial media yang banyak maka Anda dapat menjadi seorang Buzzer. Tarif yang umum berlaku saat ini adalah separuh dari jumlah follower aktif untuk setiap tulisan atau tweet untuk twitter. Contoh jika Anda memiliki 50,000 follower aktif maka tarif Anda sebagai Buzzer adalah 25,000 untuk sekali twit. Kalau sehari 10 twit artinya, 250,000/hari dan Rp 7,500,000/bulan. Jadi mulailah membuat twit yang bermanfaat.

9. Video Review

Ini adalah tahapan selanjutnya dari pay for review yang awalnya berupa tulisan. Pada video review biasanya produsen akan membayar lebih mahal dibandingkan review yang hanya berupa tulisan. Pada video review kita akan membuat video tentang review suatu produk yang bekerja sama dengan kita. Besarnya bayaran salah satunya dapat ditentukan dari jumlah penonton video kita. Jika Anda ingin menggeluti dunia ini maka sering-seringlah membuat video yang bermanfaat dan bangun subscriber Anda di Youtube.

10. Sewakan Website Anda

Hah disewakan? memangnya rumah? Mungkin hal ini aneh bagi Anda tapi tidak sedikit pelaku bisnis internet mendapatkan peluang ini. Ada seorang teman kami yang mencoba membangun suatu website yang fokus di penyewaan alat berat meskipun dia tidak memiliki bisnis alat berat. Suatu saat sorang pengusaha alat berat menghubungi teman kami lalu menawarkan untuk membeli website tersebut. Alih-alih menjual websitenya teman kami malah menyewakan karena dengan sewa status kepemilikan website tetap ada pada temam kami. Sampai artikel ini dibuat website tersebut disewa dengan biaya Rp 4 juta/bulan.

10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet | startupbisnis | 4.5